Rabu, 01 Oktober 2014

Tes Prestasi? Perlu Gak Sih?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUnC_cxXQzRAR0o0Hw09yEwwVhEg-TAw15ETqAKjYzH9Lr95f6oMvrZhvfZFHl8upYSdxebw4b_Xn97uhc6yV5-sy6VDIc0xtcCjZ3N82BIJfwfuVXltcuRDMM2Hy-sxFtImgo2delT7s/s1600/prestasi-belajar-siswa.jpg

Hello selamat malam teman-teman :D
Malam ini aku mau share tentang tes prestasi.
Pasti kalian bertanya-tanya, apa sih tes prestasi itu? fungsinya tes prestasi itu apaa? trus penting gak sih tes prestasi itu?
Nah, daripada kalian masih bingung, yuk kita coba share di sini.

Tes prestasi itu biasanya berkaitan dengan dunia pendidikan khususnya untuk mengukur hasil belajar. Menurut Benyamin S. Bloom, Tes Pretasi adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat mencakup semua kawasan tujuan pendidikan. Maksudnya adalah tes prestasi itu digunakan untuk mengukur seberapa besar derajat pemahaman peserta tes akan materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Kira-kira, apa yaa fungsi dari tes prestasi itu?
Tes prestasi itu memiliki beberapa fungsi, yaitu fungsi penempatan, fungsi formatif,fungsi diagnostik, dan fungsi sumatif. Penjelasan dari masing-masing fungsi sebagai berikut :
  1. Fungsi penempatan adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk klasifikasi individu kedalam bidang atau jurusan.
  2. Fungsi formatif adalah penggunaan tes prestasi belajar guna melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu program pendidikan.
  3. Fungsi diagnostik adalah penggunaan tes prestasi belajar untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi kelemahan-kelemahan siswa yang dapat diperbaiki segera, dan semacamnya.
  4. Fungsi sumatif adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dalam suatu program pelajaran. Tes sumatif merupakan pengukuran akhir dalam suatu program dan hasilnya dipakai untuk menentukan apakah siswa dapat dinyatakan lulus dalam program pendidikan tersebut atau apakah siswa dinyatakan dapat melanjutkan ke jenjang program yang lebih tinggi.
Jadi, tes prestasi itu perlu gak sih?
Berdasarkan pengertian dan fungsi di atas, menurutku tes prestasi itu perlu. Kenapa?. Karena dengan adanya tes prestasi, seorang guru bisa mengetahui derajat pemahaman siswa tentang materi yang sudah diberikan sebelumnya. Apakah murid itu sudah paham betul tentang materi pelajarannya atau belum?. Sehingga jika murid sudah mencapai derajat pemahaman yang tinggi, maka proses pembelajaran bisa dikatakan berhasil dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu murid juga bisa melanjutkan proses pembelajarannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Apabila murid belum mencapai derajat pemahaman yang diharapkan, maka guru harus mengevaluasi lagi akan proses pembelajaran tersebut. Selain itu juga tes prestasi bisa melihat bagaimana cara guru mengajar agar murid-muridnya paham betul dengan materi-materi yang diajarkan. Sehingga guru pun bisa mengevaluasi cara seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan juga guru bisa mengetahui potensi-potensi yang dimiliki oleh murid-muridnya.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan kalau tes prestasi itu perlu dan penting untuk dilakukan di dunia pendidikan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman kita terhadap materi yang diberikan. Maka dari itu mulai sekarang yuk kita belajar dengan sungguh-sungguh, agar kita bisa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan dan kita bisa mencapai derajat pemahaman yang tinggi dengan materi yang guru berikan.

Okeeee.... Sekian dulu yaa share dari aku tentang perlunya tes prestasi itu. Semoga tulisanku ini bermanfaat buat kalian. Maaf juga kalo tulisanku ini masih kurang, karena pertama kalinya aku mencoba sharing dengan kalian.

Terima kasih karena kalian sudah membaca tulisanku ini :)
Sampai ketemu ditulisanku berikutnya.

Selamat malam teman-teman :D


Lulu Gita Pratiwi
1125115072
Non Regular C 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar